HEAD LINE NEWS | babahrotkreasi.blogspot.com |Selamat Datang.

Monday, June 23, 2014

Nasehat Lukman Kepada Anaknya



Satu-satunya manusia yang bukan nabi, bukan pula Rasul tapi kisah hidupnya diabadikan dalam Al Qur’an adalah Lukman Al Hakim. Kenapa, tak lain, karena hidupnya penuh hikmah.

Suatu hari ia pernah menasehati anaknya tentang hirup.
Anakku, jika makanan telah memenuhi perutmu, maka akan matilah pikiran dan kebijkasanaanmu. Semua anggota badanmu akan malas untuk melakukan ibadah dan hilang pulalah ketulusan dan kebersihan hati. Padahal dengan hati bersih manusia bisa menikmati lezatnya berdzikir.
Anakku, kalau sejak kecil engkau rajin belajar dan menuntut ilmu. Dewasa kelak engkau akan memetik buahnya dan menikmatinya.
Anakku, ikutilah engkau pada orang orang yang sedang menggotong jenazah, jangan kau ikuti orang-orang yang hendak pergi ke pesta pernikahan. Karena jenazah akan mengingatkan engkau pada kehidupan yang akan datang. Sedangkan pesta pernikahan akan membangkitkan nafsu duniamu.
Anakku, aku sudah pernah memikul batu-batu besar, aku juga mangangkat besi-besi berat. Tapi tak pernah kurasakan sesuatu yang lebih berat daripada tangan yang buruk perangainya.
Anakku, aku sudah merasakan semua benda yang pahit. Tapi tak pernah kurasakan yang pahit dari kemiskinan dan kehinaan.
Anakku, aku sudah mengalami penderitaan dan bermacam kesusahan. Tapi aku belum pernah merasakan penderitaan yang lebih susah daripada menanggung hutang.
Anakku, sepanjang hidupku aku berpegang pada delapan wasiat para nabi:

Kalimat itu adalah:

1.          Ingat Allah selalu.

2.          Jika kau beribadah pada Allah, jagalah pikiranmu baik-baik.

3.          Jika kau berada di rumah orang lain, maka jagalah pandanganmu.

4.          Jika kau berada ditengah tengah majelis, jagalah lidahmu.

5.          Jika kau hadir dalam jamuan makan, jagalah perangaimu.

6.          Ingatlah maut yang akan menjemputmu.

7.          Lupakan budi baik yang kau kerjakan pada orang lain.

8.          Lupakanlah semua kesalahan orang lain terhadapmu.


Wednesday, June 18, 2014

1001 Kelereng



Makin tua, aku makin menikmati Sabtu pagi. Mungkin karena adanya keheningan sunyi senyap sebab aku yang pertama bangun pagi, atau mungkin juga karena tak terkira gembiraku sebab tak usah masuk kerja. Apapun alasannya, beberapa jam pertama Sabtu pagi amat menyenangkan.

Beberapa minggu yang lalu, aku agak memaksa diriku ke dapur dengan membawa secangkir kopi hangat di satu tangan dan koran pagi itu di tangan lainnya. Apa yang biasa saya lakukan di Sabtu pagi, berubah menjadi saat yang tak terlupakan dalam hidup ini. Begini kisahnya.

Aku keraskan suara radioku untuk mendengarkan suatu acara Bincang-bincang Sabtu Pagi. Aku dengar seseorang agak tua dengan suara emasnya. Ia sedang berbicara mengenai seribu kelereng kepada seseorang di telpon yang dipanggil “Tom”. Aku tergelitik dan duduk ingin mendengarkan apa obrolannya.

 “Dengar Tom, kedengarannya kau memang sibuk dengan pekerjamu. Aku yakin mereka menggajimu cukup banyak, tapi kan sangat sayang sekali kau harus meninggalkan rumah dan keluargamu terlalu sering. Sulit kupercaya kok ada anak muda yang harus bekerja 60 atau 70 jam seminggunya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk menonton pertunjukan tarian putrimu pun kau tak sempat”.

Ia melanjutkan : “Biar kuceritakan ini, Tom, sesuatu yang membantuku mengatur dan menjaga prioritas apa yang yang harus kulakukan dalam hidupku”.

Lalu mulailah ia menerangkan teori “seribu kelereng” nya.” Begini Tom, suatu hari aku duduk-duduk dan mulai menghiitung-hitung. Kan umumnya orang rata-rata hidup 75 tahun. Ya aku tahu, ada yang lebih dan ada yang kurang, tapi secara rata-rata umumnya kan sekitar 75 tahun. Lalu, aku kalikan 75 ini dengan 52 dan mendapatkan angka 3900 yang merupakan jumlah semua hari Sabtu yang rata-rata dimiliki seseorang selama hidupnya. Sekarang perhatikan benar-benar Tom, aku mau beranjak ke hal yang lebih penting”.

“Tahu tidak, setelah aku berumur 55 tahun baru terpikir olehku semua detail ini”, sambungnya, “dan pada saat itu aku kan sudah melewatkan 2800 hari Sabtu. Aku terbiasa memikirkan, andaikata aku bisa hidup sampai 75 tahun, maka buatku cuma tersisa sekitar 1000 hari Sabtu yang masih bisa kunikmati”.

“Lalu aku pergi ketoko mainan dan membeli tiap butir kelereng yang ada. Aku butuh mengunjungi tiga toko, baru bisa mendapatkan 1000 kelereng itu. Kubawa pulang, kumasukkan dalam sebuah kotak plastik bening besar yang kuletakkan di tempat kerjaku, di samping radio. Setiap Sabtu sejak itu, aku selalu ambil sebutir kelereng dan membuangnya”.

“Aku alami, bahwa dengan mengawasi kelereng-kelereng itu menghilang, aku lebih memfokuskan diri pada hal-hal yang betul-betul penting dalam hidupku. Sungguh, tak ada yang lebih berharga daripada mengamati waktumu di dunia ini menghilang dan berkurang, untuk menolongmu membenahi dan meluruskan segala prioritas hidupmu”.

“Sekarang aku ingin memberikan pesan terakhir sebelum kuputuskan teleponmu dan mengajak keluar istriku tersayang untuk sarapan pagi. Pagi ini, kelereng terakhirku telah kuambil, kukeluarkan dari kotaknya. Aku berfikir, kalau aku sampai bertahan hingga Sabtu yang akan datang, maka Allah telah meberi aku dengan sedikit waktu tambahan ekstra untuk kuhabiskan dengan orang-orang yang kusayangi”.

“Senang sekali bisa berbicara denganmu, Tom. Aku harap kau bisa melewatkan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang kau kasihi, dan aku berharap suatu saat bisa berjumpa denganmu. Selamat pagi!”

Saat dia berhenti, begitu sunyi hening, jatuhnya satu jarumpun bisa terdengar ! Untuk sejenak, bahkan moderator acara itupun membisu. Mungkin ia mau memberi para pendengarnya, kesempatan untuk memikirkan segalanya. Sebenarnya aku sudah merencanakan mau bekerja pagi itu, tetapi aku ganti acara, aku naik ke atas dan membangunkan istriku dengan sebuah kecupan.

“Ayo sayang, kuajak kau dan anak-anak ke luar, pergi sarapan”. “Lho, ada apa ini…?”, tanyanya tersenyum. “Ah, tidak ada apa-apa, tidak ada yang spesial”, jawabku, “Kan sudah cukup lama kita tidak melewatkan hari Sabtu dengan anak-anak ? Oh ya, nanti kita berhenti juga di toko mainan ya? Aku butuh beli kelereng.”

Sumber: Unknown (Tidak Diketahui)
Dikutip dari Indonesian groups

Dari setiap satu kelereng yang telah terbuang, apakah yang telah anda dapatkan ?

Apakah ……..
kesedihan
keraguan
kebosanan
rasa marah
putus asa
hambatan
permusuhan
pesimis
kegagalan ?

ataukah …….
kebahagiaan
kepercayaan
antusias
cinta kasih
motivasi
peluang
persahabatan
optimis
kesuksesan ?

Waktu akan berlalu dengan cepat. Tidak banyak kelereng yang tersisa dalam kantong anda saat ini. Gunakan secara bijak untuk memberikan kebahagiaan yang lebih baik bagi anda sendiri, keluarga, dan lingkungan anda.

Sunday, June 8, 2014

RPP KURIKULUM BERKARAKTER /KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  Diri sendiri (Jujur, Tertib Dan Bersih)
Petemuan ke                 :  1
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
þ  Menerima keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) sebagai anugerah Tuhan (KI-1)
þ  Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila. (KI-2)
þ  Mengenali keberagaman karateristik individu melalui pengamatan di rumah dan sekolah (KI-3)
þ  Mengetahui tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah (KI-3)
þ  Menyajikan kebersamaan dalam keberagaman  karakteristik individu di rumah dan sekolah melalui permainan (KI-4)




Bahasa Indonesia
þ  Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah. (KI-1)
þ  Menunjukkan perilaku yang baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman (KI-2)
þ  Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya  (KI-2)
þ  Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh  dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat,   lingkungan sekitar , buah, tanaman, dan masakan (KI-4)

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
þ  Menunjukkan sikap menerima keberaganman karakteristik individu
þ  Menceritakan tentang perbedaan kemampuan yang dimiliki teman
þ  Bersikap  baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga,
þ  bersikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan teman
þ  bersikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
þ  Membedakan karakteristik fisik,
þ  Membedakan karakteristik agama,
þ  Membedakan karakteristik  suku,
þ  Membedakan karakteristik psikis (senang, pemalu, sedih)
þ  Menyebutkan kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
þ  Menyebutkan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
þ  Menyebutkan sikap kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
þ  Menyebutkan sikap kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di sekolah

Bahasa Indonesia
þ  Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
þ  Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
þ  Berbicara mengikuti giliran
þ  Memandang wajah kawan bicara pada waktu berbicara
þ  Memperlihatkan raut muka yang ramah
þ  Menanggapi dengan bahasa tubuh yang sesuai
þ  Memperkenalkan diri dengan sopan kepada guru dan teman sekelas
þ  Menceritakan dengan sopan jumlah anggota keluarga dan pekerjaan  orang tua
þ  Mengucapkan sapaan yang sesuai
þ  Mengucapkan terima kasih secara tepat
þ  Mengucapkan maaf secara tepat
þ  Menyebutkan nama diri
þ  Menyebutkan nama-nama bagian anggota tubuh
þ  Menyebutkan kegunaan anggota tubuh


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


E.     MATERI PEMBELAJARAN
PPKn
þ  Keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) sebagai anugerah Tuhan
þ  Perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
þ  Keberagaman karateristik individu melalui pengamatan di rumah dan sekolah
þ  Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
þ  Kebersamaan dalam keberagaman  karakteristik individu di rumah dan sekolah melalui permainan

Bahasa Indonesia
þ  Penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah
þ  Perilaku yang baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman
þ  Ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya 
þ  Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh  dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat, lingkungan sekitar, buah, tanaman, dan masakan


F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Mengajak Semua Siswa menyanyi  SELAMAT PAGI GURU”
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Diri Sendiri (Jujur, tertib dan bersih)”
10 menit
Inti
Berbaris di depan kelas dan menyebutkan nomor urut dalam barisan
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
þ   Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
þ   Menyanyikan lagu “Aku anak Indonesia” ciptaan AT Mahmud sesuai syair lagu, ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama dan tepuk birama secara berkelompok dan individual
þ   Menggambar wajah dengan bimbingan guru
þ   Menunjuk  anggota tubuh seperti yang digambarkan guru di depan kelas
þ   Memperkenalkan identitas diri dengan bahasa yang santun di depan teman-temannya: Nama, alamat, hobi dan  cita-cita
þ   Menjelaskan perbedaan laki-laki dan perempuan
þ   Menyebutkan jumlah anggota keluarga yang tinggal serumah dengan siswa
þ   Menyebutkan pekerjaan atau kegiatan  ayah dan ibu sehari-hari
þ   Menyanyikan lagu-lagu yang berkaitan dengan ketertiban (seperti  lagu “Bangun Tidur”
þ   Menyanyikan lagu dengan penuh percaya diri di depan kelas secara bergiliran (Individu/ kelompok kecil)
þ   Di dalam kelompok  menyebutkan alasan pentingnya mandi, potong kuku dan gosok gigi
þ   Di dalam kelompok  menyebutkan tentang kegiatan yang di lakukan di rumah secara bergiliran sambil memandang wajah kawan bicara, memperlihatkan raut muka yang ramah dan bahasa tubuh yang sesuai
þ   Menunjukkan kebiasaan  mematuhi tata tertib yang dilakukan dalam kehidupan di  kelas. 
þ   Menggunakan bahasa yang santun pada  orang tua, guru, kepala sekolah, dan temannya
þ   Di dalam kelompok  menata benda yang ada di sekitar kelas berdasarkan ukuran besar kecil/panjang pendek 
þ   Mempraktekan gerak dasar berjalan sambil mengamati lingkungan sekitar dan menyebutkan nama benda-benda yang dilihatnya
þ   Mempraktikkan permainan berjalan ke barbagai arah mengikuti aba-aba dengan percaya diri
þ   Mempraktikkan  permainan lompat-lompat dengan satu kaki ke berbagai arah
35 Menit X  30 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku Tematik Kelas I
þ  Buku Pengembangan Diri Anak
þ  Buku kirigami (seni mengunting)
þ  Diri Anak
þ  Lingkungan
þ  Media Gambar pakaian
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Model bangun datar dan bangun ruang
þ  Papan berpaku atau sejenis
þ  Karet gelang/ benang


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  Diri sendiri (Jujur, Tertib Dan Bersih)
Petemuan ke                 :  2
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
þ  Menunjukkan perilaku yang baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman (KI-2)
þ  Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya  (KI-2)
þ  Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh  dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat,   lingkungan sekitar , buah, tanaman, dan masakan (KI-4)
þ  Berbicara spontan tentang diri
þ  Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang  terang)
þ  Menerapkan cara menulis (permulaan) dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang) (KI-4)

Matematika
þ  Menunjukkan perilaku rapi dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar dengan rapi (KI-2)
þ  Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan   benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain (KI-3)

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
þ  Berbicara mengikuti giliran
þ  Memandang wajah kawan bicara pada waktu berbicara
þ  Memperlihatkan raut muka yang ramah
þ  Menanggapi dengan bahasa tubuh yang sesuai
þ  Memperkenalkan diri dengan sopan  kepada guru dan teman sekelas
þ  Menceritakan dengan sopan jumlah anggota keluarga dan pekerjaan  orang tua
þ  Mengucapkan sapaan yang sesuai
þ  Mengucapkan terima kasih secara tepat
þ  Mengucapkan maaf secara tepat
þ  Menyebutkan nama diri
þ  Menyebutkan nama-nama bagian anggota tubuh
þ  Menyebutkan kegunaan anggota tubuh
þ  Mengemukakan hal-hal yang diminta secara runut
þ  Mengemukakan kejadian yang dialami secara lancar
þ  Melafalkan kata dengan artikulasi yang jelas
þ  Berbicara dengan suara dengan volume suara yang enak didengar
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang teks bacaan dengan tepat
þ  Membalik buku dengan benar
þ  Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang alat tulis dengan tepat
þ  Memilih tempat menulis dengan cahaya yang terang
þ  Menulis garis lurus dan lengkung dari titik-titik

Matematika
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan bentuk atau ukurannya
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan beratnya
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan urutan kelompoknya
þ  Meletakkan benda dengan tepat ke dalam kelompok benda sehingga rapi
þ  Menyebutkan ciri-ciri dari benda berbentuk segitiga atau segi empat
þ  Menyebutkan ciri-ciri dari benda berbentuk kotak, bulat, dan tabung


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


E.     MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
þ  Penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah
þ  Perilaku yang baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman
þ  Ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya 
þ  Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh  dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat, lingkungan sekitar, buah, tanaman, dan masakan

Matematika
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan bentuk atau ukurannya


F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Mengajak Semua Siswa menyanyi  SELAMAT PAGI GURU”
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Diri Sendiri (Jujur, tertib dan bersih)”
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang diucapkan guru
þ   Menyanyikan lagu anak tentang anggota tubuh misal “Dua mata saya.. sesuai syair lagu, ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama dan tepuk birama secara berkelompok atau individu
þ   Mengulang kata-kata dalam lagu
þ   Menyebutkan anggota tubuh bagian atas dan bagian bawah secara Lisan
þ   Menunjukkan ciri-ciri bentuk fisik siswa di depan kelas
þ   Menyebutkan nama anggota tubuhnya,kemudian menyebutkan fungsinya
þ   Mengamati gambar rangka dan meraba bagian rangka pada tubuh
þ   Bermain mengayunkan lengan dari posisi berdiri, berdiri dengan lutut, dan duduk selonjor ke berbagai arah dengan percaya diri
þ   Menggulirkan bola di antara kedua lengan yang diluruskan, menggulirkan bola antara kedua tungkai yang diluruskan sambil duduk.
þ   Menceritakan tentang kegiatan yang dilakukan di rumah
þ   Melakukan praktek menggosok gigi
þ   Menjelaskan cara memakai pakaian seragam tanpa dibantu orang lain
þ   Siswa memperagakan cara memakai pakaian seragam tanpa dibantu orang lain
þ   Bermain bersama teman teman tanpa memandang perbedaan.
þ   Menunjukkan gambar-gambar kepeduliannya terhadap sesama (misal: memberi santunan pada yatim piatu)
þ   Bercerita  mengenai perilaku yang harus dilakukan ketika menemukan barang/uang dirumah dan sekolah, atau perilaku lain berkaitan dengan kejujuran
þ   Masing-masing anak menceritakan potensi (minat/kegemaran) dirinya kepada temannya
þ   Lomba menata dan meletakkan dengan rapi benda di sekitar kelasberdasarkan urutan dan kelompoknya
þ   Mengambil benda dengan ciri yang ditentukan oleh guru, untuk ditempatkan secara urut dari paling sedikit
þ   Mengambil benda dengan jumlah yang ditentukan oleh guru, untuk ditempatkan secara urut dari paling sedikit
þ   Membilang bilangan secara urut dari terkecil hingga terbesar
þ   Menujukkan gambar orang-orang berpakaian daerah
þ   menyebutkan gambar tempat ibadah yang diperlihatkan dan menyebutkan agama yang terkait
þ   Menjawab pertanyaan daerah asal orangtuanya dengan santun
þ   Menunjukkan perbedaan tempat fasilitas umum untuk laki-laki dan perempuan (wc, tempat wudhu, tempat sholat)
þ   Menceritakan hasil karya yang dibuatnya di depan kelompok (cerita/tema gambar, warna yang digunakan)
þ   Membilang bilangan secara urut dari terkecil hingga terbesar
þ   Memegang alat tulis dengan benar dan menuliskan dengan benar bentuk lambing bilangan
35 Menit X  30 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku Tematik Kelas I
þ  Buku Pengembangan Diri Anak
þ  Buku kirigami (seni mengunting)
þ  Diri Anak
þ  Lingkungan
þ  Media Gambar pakaian
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Model bangun datar dan bangun ruang
þ  Papan berpaku atau sejenis
þ  Karet gelang/ benang

I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  Diri sendiri (Jujur, Tertib Dan Bersih)
Petemuan ke                 :  3
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
Matematika
þ  Membentuk berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya (KI-4)

Penjas Orkes
þ  Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan (KI-2)
þ  Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia dan kegunaannya (KI-3)
þ  Mengetahui cara menjaga  kebersihan diri yang meliputi kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, dan rambut  dan pakaian (KI-3)
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak  (konsep : tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk   permainan sederhana dan atau tradisional (KI-4)
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor  yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional (KI-4)
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional (KI-4)
þ  Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk meningkatkan keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhana (KI-4)
þ  Mempraktikkan  berbagai pola gerak dominan dalam senam (mendarat, gerak berpindah, ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian) KI-4)
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar  senam ritmik sederhana menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak  mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik (KI-4)


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Matematika
þ  Menggambar/melukis berbagai bangun datar sederhana
þ  Menggambar/ membentuk segitiga atau segi empat dengan menggunakan alat sederhana yang memiliki ciri tertentu (misal tinggi sama atau ciri lainnya)

Penjas Orkes
þ  Mampu bekerjasama dengan teman dan guru selama beraktivitas
þ  Mampu menampilkan unjuk kerja gerak tanpa ragu
þ  Mampu melakukan aktivitas yang ditugaskan tanpa rasa takut
þ  Menyebutkan struktur tubuh
þ  Menyebutkan angota tubuh bagian atas dan kegunaannya
þ  Menyebutkan anggota tubuh bagian bawah dan kegunaannya
þ  Menyebutkan alasan mengaopa harus mandi, potong kuku, sikat gigi )
þ  Melakukan praktek menggososk gigi, potong kuku
þ  Memperagakan gerak dasar berjalan
þ  Memperagakan gerak dasar mengayun
þ  Memperagakan gerak dasar menggulirkan bola
þ  Memperagakan gerak dasar menyepak bola
þ  Memperagakan gerak keseimbangan di tempat
þ  Mempraktikan gerak melompat  dan mendarat dengan dua kaki
þ  Memperagakan gerak melenggok  ke berbagai arah berirama’
þ  Menyebutkan otot-otot yang berperan dalam aktivitas berjalan, berlari dan melompat  


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


E.     MATERI PEMBELAJARAN
Matematika
þ  Gambar bangun datar sederhana
þ  Gambar segitiga atau segi empat.

Penjas Orkes
þ  Formasi lingkaran dalam permainan sepak bola
þ  Gambar jantung dan paru-paru
þ  Lagu Dari Sabang Sampai Merauke dengan diiringi tepukan tangan, jentikan jari atau hentakan kaki
þ  Gambar bebas sesuai tema dan menceritakan gambar yang dibuatnya di depan kelompok (cerita/tema gambar, warna yang digunakan)

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Mengajak Semua Siswa menyanyi  SELAMAT PAGI GURU”
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Diri Sendiri (Jujur, tertib dan bersih)”
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang diucapkan guru
þ   Menyanyikan lagu syair lagu “Aku Anak Sehat”  dengan memperdengarkan lagu dengan ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama dan tepuk birama secara individu
þ   Membahas isi lagu tersebut
þ   siswa menunjuk gambar dan  melakukan  tanya jawab tentang tempat ibadah yang ada di sekitarnya dengan artikulasi yang tepat.
þ   Menyepak bola menggunakan kaki kiri / kanan dalam formasi lingkaran dengan menunjukkan nilai kerjasama
þ   Berdiri dengan satu kaki, lengan diluruskan ke samping dan kaki lainnya di lipat di depan badan, di luruskan ke depan, di luruskan ke samping
þ   Mengamati gambar jantung dan paru-paru kemudian meraba posisi jantung dan paru-paru masing-masing
þ   Menyebutkan apa yang terjadi dengan jantung dan nafas setelah melakukan aktivitas fisik
þ   Memasangkan gambar tentang kepeduliannya terhadap sesama (misal: memberi santunan pada yatim piatu).
þ   Membahas bentuk kepedulian terhadap sesama melalui media gambar
þ   Menceritakan kebiasaan yang baik di rumah dan sekolah dilanjutkan dengan
þ   Bermain peran tentang berperilaku santun kepada orang lain di lingkungannya dengan mengucapkan sapaan, terima kasih dan maaf secara tepat
þ   Tanya jawab tentang aturan di rumah dan di sekolah
þ   Menyebutkan ciri-ciri dari benda berbentuk segitiga atau segiempat yang dibawa dari rumah berdasarkan jumlah sisi, sudut, dsb.
þ   Memegang alat tulis dengan tepat untuk menghubungkan gambar garis lurus dan lengkung dari titik-titik
þ   Membuat gambar ekspresi dari bentuk bangun datar segitiga atau segiempat
þ   Melompat satu dan dua kaki di atas gambar bentuk bangun dasar segitiga dan segiempat
þ   Membuat bentuk segitiga dan segiempat menggunakan berbagai media (misalnya: batang korek api, lidi, tusuk gigi, dll)
þ   Menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Merauke dengan diiringi tepukan tangan, jentikan jari atau hentakan kaki
þ   Bermain mengayunkan lengan dari posisi berdiri, berdiri dengan lutut, dan duduk selonjor ke berbagai arah dengan percaya diri.
þ   Menyanyikan lagu tersebut sesuai syair lagu, ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama dan tepuk birama secara berkelompok/bersama-sama
þ   Menggambar bebas sesuai tema dan Menceritakan gambar yang dibuatnya di depan kelompok (cerita/tema gambar, warna yang digunakan)

35 Menit X  30 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku Tematik Kelas I
þ  Buku Pengembangan Diri Anak
þ  Buku kirigami (seni mengunting)
þ  Diri Anak
þ  Lingkungan
þ  Media Gambar pakaian
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Model bangun datar dan bangun ruang
þ  Papan berpaku atau sejenis
þ  Karet gelang/ benang


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  Diri sendiri (Jujur, Tertib Dan Bersih)
Petemuan ke                 :  4
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
Seni Budaya
þ  Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan (KI-1, KD-1)
þ  Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari (KI-2, KD-1)
þ  Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai ide untuk berkarya (KI-2, KD-2)
þ  Mengenal  pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis  (KI-3, KD-2)
þ  Mengenal gambar ekspresi (KI-3,KD-1)
þ  Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak (KI-4, KD-5)
þ  Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan pengamatan di lingkungan sekitar (KI-4, KD-1)



C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Seni Budaya
þ  Mengamati alam sekitar
þ  Mendeskripsikan alam sekitar yang diamatinya
þ  Mengungkapkan perasaan syukur pada Tuhan atas anugerah keindahan alam.
þ  menampilkan karyanya sendiri didepan temannya
þ  mengungkapkan pendapat  di depan kelompok
þ  memutuskan karya apa yang akan dibuatnya
þ  memperhatikan lingkungan sekitar secara seksama
þ  mengungkapkan rasa ingin tahu dengan bertanya
þ  mengungkapkan rasa ingin tahu dengan karya
þ  Menyebutkan pola irama rata
þ  Membedakan pola irama rata
þ  Menyebutkan alat-alat musik ritmis sederhana
þ  Mengenal judul lagu dan iringannya
þ  Menunjukkan warna pokok (kuning merah biru)
þ  Membedakan warna pokok
þ  Menyebutkan tema gambar yang dibuat
þ  Menyanyi dengan tepuk irama
þ  Menyanyi dengan tepuk birama
þ  Menyanyikan lagu sesuai dengan syair dan makna
þ  Membaca syair lagu dengan ucapan yang jelas
þ  Menyanyi lagu sesuai dengan frasering
þ  Menggambar garis lengkung dan garis patah
þ  Membuat gambar dengan menggunakan garis lengkung dan garis lurus
þ  Menggambar dengan warna pokok
þ  Menggambar sesuai tema yang ditentukan


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


E.     MATERI PEMBELAJARAN
Matematika
þ  Gambar bangun datar sederhana
þ  Gambar segitiga atau segi empat.

Penjas Orkes
þ  Formasi lingkaran dalam permainan sepak bola
þ  Gambar jantung dan paru-paru
þ  Lagu Dari Sabang Sampai Merauke dengan diiringi tepukan tangan, jentikan jari atau hentakan kaki
þ  Gambar bebas sesuai tema dan menceritakan gambar yang dibuatnya di depan kelompok (cerita/tema gambar, warna yang digunakan)

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Mengajak Semua Siswa menyanyi  SELAMAT PAGI GURU”
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Diri Sendiri (Jujur, tertib dan bersih)”
10 menit
Inti
þ   Berdoa  sebelum dan sesudah belajar
þ   Mendengarkan doa yang diucapkan guru
þ   Menyanyi lagu yang berkaitan dengan ketertiban
þ   Menunjukkan gambar pakaian daerah dari berbagai suku
þ   Menunjukkan gambar pakaian daerah untuk laki-laki dan perempuan dari beberapa daerah (misalnya: dari Papua, Makassar, Jakarta)
þ   Menjelaskan beberapa suku  teman-teman yang ada dalam kelasnya
þ   Menceritakan tentang  suku teman disebelahnya
þ   Melakukan permainan kelompok  mengklasifikasikan gambar yang menunjukkan perilaku patuh dan tidak patuh pada peraturan
þ   Mendiskusikan  manfaat perilaku tertib pada aturan di kelas dan akibat jika tidak mematuhi peraturan
þ   Menggambar/Melukis gambar benda kesayanganku yang berbentuk segitiga dan segiempat menggunakan berbagai media yang disiapkan guru (cat dan kuas, bahan alam, crayon dll
þ   Bermain mendeskripsikan nama–nama benda  kesayanganku berdasarkan ciri-cirinya yang berbentuk kotak, bulat dan tabung
þ   Menangkap bola/benda yang dilambungkan sendiri dengan cara diam di tempat,  dan sambil berjalan
þ   Menjawab pertanyaan guru tentang bentuk dan warna bola yang digunakan
þ   Menjawab pertanyaan guru tentang otot-otot yang berperan  dalam aktivitas berjalan, berlari dan melompat
þ   Menggambar ekspresi dengan menggunakan warna-warna primer
þ   Menceritakan gambar yang dibuatnya di depan kelompok (cerita/tema gambar, warna yang digunakan)
þ   Menyebutkan dan mengelompokkan benda-benda yang berwarna sama
þ   Mendengarkan cerita atau puisi tentang Cita-citaku.
þ    menyebutkan cita-citanya
þ   Menyanyi lagu “Cita-citaku” ciptaan Ibu Sud secara bersama-sama sesuai syair lagu, ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama dan tepuk birama secara berkelompok/bersama-sama
þ   Membahas kata-kata dalam  lagu tersebut
þ   Menyebutkan apa yang terjadi dengan nafas setelah melakukan aktivitas fisik dan menyebutkan alasan secara sederhana
þ   Menyubutkan apa yang terjadi dengan jantung setelah mempraktikkan aktivitas fisik dan menyebutkan alasan secara sederhana
þ   Mempraktikkan gerak melompat-lompat di tempat sambil berpegangan tangan secara berpasangan
þ   Memperagakan gerak bebas mengikuti musik

35 Menit X  30 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku Tematik Kelas I
þ  Buku Pengembangan Diri Anak
þ  Buku kirigami (seni mengunting)
þ  Diri Anak
þ  Lingkungan
þ  Media Gambar pakaian
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Model bangun datar dan bangun ruang
þ  Papan berpaku atau sejenis
þ  Karet gelang/ benang


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

NB : Bila anda butuh RPP Kurikulum Berkarakter  2013 lengkap dapat hubungi ke email kami :rezakoe@gmail.com